Sunday, May 8, 2011

Belajar Filosofi Hidup dari Kandank Jurank

Bulan Mei ini diawali dengan kegiatan berkunjung ke sekolah alam milik Dik Doank. Sang PJ acara, Mayya dan Yessa udah ngerencanain dan mutusin bahwa hari keberangkatannya adalah hari Minggu, 1 Mei 2011. Malam sebelumnya, Q iseng ngenet di HP dan nyari-nyari info tentang Kandank Jurank Doank. Dari situ, Q ngga bisa dapet banyak info karena, yaa bisa dibilang info yang Q dapet itu adalah info-info standar tentang tempat wisata. Hhe.. tapi dari situ, Q jadi pengen tau tentang sosok seorang Dik Doank,,yang selanjutnya akan disebut Om Ganteng,, dan yang ada di pikiran Q saat itu ialah, besok Q bakal ngobrol-ngobrol bareng Om Ganteng. (cerita ttg julukan ‘Om Ganteng’ nti ada sesinya di paragraf bawah)
Keesokan harinya, kami janjian ketemuan di Detos. Waktu Q nyampe Detos, baru ada Aul yang udah dateng. Selanjutnya, laskar-laskar petualang yang lainnya mulai bermunculan. Ada Manda, Lingga, Weli, Kiki, dan Mayya. Tinggal nunggu Ade dan Etep nihh..ehh nunggu Debora kecil jg ding..hhe.. ngga lama kemudian, Ade pun datang.. “okeehh..qt tinggal nunggu Etep n Debora”. “Tapi Aul,,gimana kl Deboranya dateng dluan sebelum Etep dateng??” “yaa berarti Etep suru nyusul naek motor ke sana..” “emang Etep bawa motor??” “bawa..” “terus motornya taro di mana??” “nitip di Pocin” “oh..okee..”
Ngga lama kemudian..Aul bilang, “eh Etep ga bawa motor ding..”
*gubrakk*
Tapi Alhamdulillaah Etep didatangkan lebih dulu daripada Debora..n segera setelah Etep dateng,,Debora pun dateng..let’s gooooooooooooooooooooooo............ ^^
Kisah singkat di perjalanan: pokonya abis naek deborah ampe lebak bulus, naek angkot 02 turun di Mesjid Agung Ciputat, terus naek angkot D08 ampe komplek Avita..terus masuk komplek,,nyampe deh..hhe..
*mau nyeritain kisah cinta Manda dan seorang mahasiswa UIN yang di angkot tapi ga tega* :p
O ya di perjalanan kami sempet ngomongin,, bakal bahas apaan yak kl ktemu ama Om Ganteng?? Kami memutuskan untuk saling share ttg kegiatan si Om dan juga kegiatan kami di bidang lingkungan dan sosial.. “eh tapi tapi..emang Dik Doanknya bakal ada??” “iya juga ya..dia kan sibuk..paling qt ktemu ama tim manajemennya aja” “yahh ga enak kl ama manajernya mahh..pasti susah deh kl minta kontak ke Dik Doanknya”
Ujug-ujug tibalah kami di Kandank Jurank Doank..kesan pertama,,adem..terus kami masuk ke dalem,,tapi Etep, Q,  n Ade nyangkut dulu di abang tukang somay..laper euy..yg laennya lgsg masuk ke arena utama pertunjukkan..
O ya sekilas ttg Kandank Jurank Doank,,jadi gini ceritanya..Om Ganteng punya rumah di komplek perumahan di wilayah Ciputat..terus tanah di depan rumahnya tu masih kosong gitu..n ama si Om disulaplah jadi sekolah alam yang gratis..sekolah itu dibuka untuk anak2 sekitar situ,,tapi umum juga boleh ikutan..dan itu free free freeeeeeeeeeeeee..gratisss..ada banyak kelas..kelas menggambar, kelas tari, kelas perkusi, dll..pokonya banyak dh..hhe..
Okeee lanjut ke perjalanan tim petualang (perasaan tadi namanya laskar deh..tapi yasudahlah)..iyaa setelah beli somay (murah loh harga satuannya cuma gopeeeee..) kami bertiga lgsg menyusul anggota tim yg lainnya yg ud duduk manis di tempat acara..agenda pertama adalah pertunjukkan perkusi dari kelas perkusi..waktu Q masuk ke arena (bukan ruangan karena ini di tempat terbuka),,acaranya ud mulai n Q lgsg duduk di tempat duduk penonton..nahh saat itulah Q ngerasa ‘harusnya Dik Doank ada di sini’ (ceritanya belom kenal Om Ganteng)..tapi Q ngeliat sekeliling,,sang pemilik sekolah alam tidak terlihat..terus Aul bilang “Q rekam dong (permainan perkusinya-red)” “gyaa..kl dari sini ngga keliatan” (karena ngeliat permainannya dari sebelah kiri) “Q pindah posisi duduk ke depan panggung deh yaa”..terus Q pindah..ternyata diikuti oleh Lingga yg juga mau mengabadikan acara dengan kameranya dan tiba2 dia berbisik ke Q,,“Dik Doanknya ada Ka..” “Hah,,mana??” “itu di sebelah lo..” zengg...nengoklah Q ke kanan dan yakkk orang yang Q cari ada di situuu...hahahahaa.. *Alhamdulillaah
O ya pas penampilan perkusi itu,,ada 1 bocah cowo yg menurut Q beda dari yg laennya..ya mungkin kostumnya sama..dia sama2 pake kaos biasa doang ples celana pendek..tapi mukanya itu lohh..cakepp..bersihhh..hahaaa.. :p
Q jadi mikir,,jangan2 dia anaknya Om Ganteng..tapi masa iya sih sekolah bareng anak2 laennya?? Hemm..
Abis itu MC pun naek panggung n memanggil seseorang untuk naek ke atas panggung..n cara memanggilnya adalahhh.. “Om Ganteeeenggggg..maen yuuuuuuu..” Q sempet shock juga Dik Doank dipanggilnya Om Ganteng.. -.-a  Terus MC sempet juga ngenalin nama anak2nya Om Ganteng,,Q lupa nama anaknya yg ke 3..dia perempuan..dari namanya,,si Om berharap nanti anaknya tu kaya hati dulu sebelum kaya harta..terus nama anaknya yg k 2,,Geddi Jaddi Membummi..dia laki2..seriusan itu namanya emang dobel gitu hurufnya (ada filosofinya tersendiri)..harapannya,,supaya kl ud gede nanti,,anaknya bisa tetep membumi,,merakyat..n guess whatttttt..ternyata si Gedde itu ya bneran bocah laki2 cakep yg td juga maen perkusi..dugaan Q bner ternyata..terus anak yg pertama namanya Ratta Billa Baggi (semua nama anaknya berhuruf dobel)..dia laki2,,kelas 2 SMA,,waktu itu Ratta pake kaos Ramones..o ya harapannya,,nanti si Ratta itu bila bagi maka harus rata (adil)..
Yak selanjutnya Om Ganteng nyanyiin 2 lagu..judul yg pertama Q lupa..pkonya ttg cintanya Om Ganteng pada Dia..lagunya kereeeennn..ni sekilas liriknya:
“akuu jaatuh..haati..pada-Mu..lebih dari ciintaa,,menyiintaa, yang pernah adaaa..lebih dari saayang, menyaayang, yang tersayaang..lebih dari riindu,,meriinduu yang pernah berlabuuh..”
di situ si Om dtemenin ama Ratta yg maen keyboard..trs endingnya,,anak2 perkusi n vokal ikutan maju n nyanyiin bagian akhir lagu..n u know whaatttttt..suaranya booooooo..keren bangeetttttt..sumpeh deh..trs yg ke 2 itu judulnya ‘Lo Tunggu Dudanye Gue’..ini si Om curhat gitu ttg masa mudanya..curhatan si Om tergambar jelas lewat liriknya..jadi Q g perlu deskripsiin di sini..tu lagu kocak banget dah isinya.. :p
Setelah Om nyanyi,,kami baru pada tau kl ternyata sebelum2nya si Ratta ngga pernah mau ikutan maen piano..dia lebih milih nggambar..padahal Ratta itu bisa hampir semua alat musik..dia bisa gitar,,bass,,piano,,drum,,dll..saat itu kami ngerasa ‘woww..qt beruntung bangett..timing qt dateng ke sini tepat banget ternyata’..trs jg ada 1 cewe,, namanya Meli..dia itu tmennya Om Ganteng..biasanya dy selalu ke situ setiap dia ulang taun..yak dan ternyata kemaren dy baru aja ulang taun..jadi sekalian dinyanyiin deh..hari itu juga tumben2an dy dateng..biasanya dy ngga ada.. (lagi2 merasa timing qt tepat untuk dtg ke Kandank Jurank Doank hari itu..thx 2 Mayya n Yessa) o ya belakangan, Q baru tau kl qt hrsny bersyukur banget td Om Gantengnya ada cz biasanya,,tiap minggu tu acaranya diisi ama artis yg beda2..contoh minggu kemaren itu acaranya menggambar bersama Ucok Baba..tapi minggu iniiiii,,bneran ada Om Gantengnya..
Hoke..acara selanjutnya adalah menggambar..di kelas ini,,semua penonton tanpa terkecuali, dapet papan, kertas, n pensil..kami semua harus ikut menggambar..temanya adalah Membumikan Sepeda..kami semua diminta untuk menggambar sepeda sebanyak banyaknya sedemikian sehingga seluruh dunia tau bahwa sepeda itu adalah transportasi ramah lingkungan..singkat cerita,,anak2 lingkungan ples Lingga pun ikutan gambar..dan wowww tak disangka sangkaaaa..di gambar seorang Aul ada seseorang yang lagi make kaos Ramonesss..yakksss..Aul ngegambar Ratta di situ..unyu banget ga sii??? Hahahahahahahaa..
Terus yaaa..ternyata gambarnya Mayya keren bangetttt konsepnyaaa...jadi tu si sepeda2 yg bejibun itu kaya balik menyerang ampe ada yg naek2 ke gedung gara2 ud 42 taun diabaikan..keren banget dh gambarnyaaa..ampe dapet bonus nasi uduk juga ya kaaaan?? Keren booo..
Sambil peserta pada ngegambar, Om Ganteng ngasi tau bhwa kl ngegambar garisnya putus2 brati orang itu ragu2..kl ngegambar tu sekali garis aja..trs yg penting tu konsepp..teknis ngga penting krn orang laen bisa ngerjain teknisnya..trs cobalah untuk jadi berbeda dari orang yang berbeda dan dilahirkan berbeda..o ya ada anak bocah yg gambarnya baguuuuusss bangeettt..kyny emang bakat gambar tu bocah..namanya April..
Abis nggambar,,acara selanjutnya adalah belajar tanda tangaaann...jadi,,kl ada orang yg dbawah tanda tangannya ada garis panjang,,artinya dia suka buang2 waktu..kl ada orang yg dbelakang tanda tangannya ada titiknya,,itu artinya dia pernah ngalamin stuck dalam hidupnya..kl ada orang yang di tanda tangannya ada hiasannya kaya lope lope gitu, artinya orang itu suka macem-macem..(arti yg laennya lupa..) :p
Selesai baca2 tanda tangan, smua peserta disuru istirahat, makan, dll..kl peserta yg dari Cijantung (ada Ka Adi math 07 n Maulana Fis 07 juga loh ddlm rombongan itu..)  lgsg pada outbond..trs kl anak2 lingkungan n Lingga lgsg pd makan..yg bw bekel itu ternyata cm Q n Ade.. Mayya dapet nasi uduk, sdgkn yg laennya pd makan d warung Om Ganteng..pas Q, Ade, n Mayya lg makan,,Om Gantengnya ud mau pergi tu sambil beresin beberapa peralatan gambar juga..trs Q nyenggol Ade,, “De,,mau ngobrol ga (ama Om Ganteng)??” “yaudah..” “samperin ni??” “hayoo.. May, May, nitip makanan dl y bentar..mau nyamperin si Om ni..” trs Q n Ade nyamperin Om Ganteng.. “Om.. Om..” Om Ganteng nengok.. “Om..saya Qiqi,, ni temen saya Ade,,kami dari UI.. Om abis ini sibuk ga Om?? hhe” “Oo..istirahat aja dulu..nanti qt ngobrol2 lah..tapi istirahat aja dulu..” “ohh..oke Om..” Q n Ade pun balik ke tempat makan sambil bisik2.. “De,,nti qt ngomongin apaan yak??” “yaudah..share2 ttg SGA n MICEL aja..” trs ngga lama yg laennya pun dtg.. Aul bilang, “eh Om Gantengnya mana??” “balik dy Ul..mungkin lg istirahat atau ada urusan laen” “oo gitu..” “iya tapi tadi ud bilang ko ke Omnya kl qt mau ngobrol2..”
Tiba2 Mas Andy, supirnya Om Ganteng dateng.. “ini yg dari UI ya??” “iya Mas” “oo dipanggil tu sama Mas Dik” “o iya??” “dimana Mas??” “di warung..depan parkiran mobil” “ohh oke okee..makasi ya Mas” jeng jeengggg..dengan rasa senang ples deg2an,,kami pun berjalan menuju warung..yak di situ ud ada Om Ganteng n 4 siswa SMP Al Azhar yg lg duduk anteng..ternyata mereka emang ada tugas gitu dari sekolah untuk wawancarain Om Ganteng n hasilnya bakal dipajang di mading sekolah..trs Om nanya,, “ini yg dari UI mau ngapain??” “mau sharing2 aja si Om..ni kami kn dari bem,,anak2 lingkungan n pengabdian masyarakat juga..nah pengen ngobrol seputar itu aja si” “oo gitu,, kl gt bareng aja ya ama mereka (siswa Al Azhar),,mereka jg mw wawancara,kl mereka kan pertanyaanny ud dcatet tu..lebih teratur,,nti kalian nimpalin aja..” “oke Om” trs Omnya ngomong ke anak2 Al Azhar “kalian bawa recorder??” “bawa Om” (sambil ngeluarin handycam) dan mulai merekam..
Selanjutnya, percakapan pun dimulai.. *catetannya nanti yaa*
Selesai bercakap-cakap..kami pun lgsg poto bareng,, shalat, n pulaaaangg..
Semoga kenangan ini akan menjadi kenangan yang berkelanjutan..aamiin..

No comments:

Post a Comment